Home ยป Tips Supaya Tidak Mudah Lelah dalam Bermain Futsal

Tips Supaya Tidak Mudah Lelah dalam Bermain Futsal

Permainan futsal akan terasa seru jika kalian mengenakan jersey yang keren dan nyaman. Tak heran Anda pun wajib menemukan vendor yang mampu membuat jersey printing atau jersey futsal printing. Tak hanya kenyamanan jersey, pemain futsal juga wajib meningkatkan stamina agar selalu bertenaga selama pertandingan berlangsung. 

Bagi sebagian orang, permainan futsal bisa sangat memakan energi, mengingat permainan futsal menuntut para pemainnya untuk selalu gesit dan bergerak lincah. Untuk menanggulanginya, berikut adalah 5 tips supaya tidak mudah lelah saat sedang bermain futsal yang bisa Anda ikuti. 

  1. Lakukan latihan secara rutin

Agar tubuh Anda terbiasa pada gerakan-gerakan futsal yang intens, namun tetap bisa menjaga energi Anda, maka Anda perlu melakukan latihan fisik tambahan secara rutin.

Tak perlu terburu-buru, lakukan latihan secara ringan dengan durasi yang pendek pada awalnya. Lalu pastikan untuk meningkatkan intensitasnya secara perlahan-lahan. 

Cobalah dengan melakukan jogging, lari interval, atau jenis latihan yang Anda sukai. 

  1. Lakukan pemanasan dengan benar

Dalam jenis olahraga apapun, pemanasan adalah hal yang wajib dilakukan, termasuk pada futsal. 

Tanpa melakukan pemanasan, seseorang akan lebih berisiko mengalami kelelahan yang lebih cepat, cedera dan kram yang menyakitkan. 

Untuk memulai pemanasan, Anda bisa melakukan streching dari area kepala hingga ke area kaki. Selanjutnya Anda juga bisa mencoba melakukan tendangan-tendangan kecil dengan bola futsal yang tersedia. 

  1. Jangan terlalu banyak berlari, atur tempo Anda 

Berlari memang adalah elemen penting dalam sebuah permainan futsal. Namun Anda juga perlu melakukan perhitungan agar lari yang Anda lakukan berdampak pada permainan dan tak sia-sia membuang tenaga Anda. 

Biasakan untuk mengatur tempo Anda dan tetap fokus pada pertandingan. Ketahuilah dengan pasti kapan Anda harus berlari dengan cepat, atau berlari dengan lambat agar energi Anda tetap terjaga. 

  1. Hindari kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi kalori

Jika Anda ingin memiliki kondisi fisik yang prima untuk kegiatan olahraga, Anda sebaiknya menghindari terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi kalori. 

Seperti yang kita tahu, makanan tinggi kalori akan mengakibatkan peningkatan berat badan, dan berat badan yang meningkat akan membuat seseorang cenderung lebih lambat dan menjadi mudah lelah. 

Selain itu, hindari juga mengonsumsi makanan berat sebelum pertandingan futsal dimulai untuk menghindari kondisi sakit perut yang akan menghambat performa Anda. Anda bisa mengonsumsi makanan berat setidaknya 2 jam sebelum permainan dimulai. 

Sekian penjelasan kami mengenai tips agar Anda tak mudah merasa lelah saat sedang bermain futsal. Tak hanya menjaga pola makan, dan latihan fisik, Anda sebaiknya juga memiliki kebiasaan tidur dan mendapatkan istirahat yang cukup demi permainan yang prima. Bagaimana, apakah Anda sudah siap bertanding? Salam olahraga!

Leave a Comment