Home » Kelebihan Dan Kekurangan Update Firmware Pada Smartphone

Kelebihan Dan Kekurangan Update Firmware Pada Smartphone

Kini hampir setiap orang di dunia memiliki smartphone atau ponsel pintar. Salah satu hal yang wajib dilakukan secara berkala untuk menjaga performa smartphone tersebut adalah dengan melakukan update firmware yang bisa dilakukan secara manual dengan bantuan galaxyfirmware.com, atau dapat dilakukan secara OTA (Over-the-air) yang dapat dilakukan secara langsung pada ponsel pintar Anda. 

Sebenarnya cara manapun sama saja, sebab sama-sama berguna untuk mendukung performa dari ponsel pintar Anda. Walaupun memiliki manfaat, tentu tindakan ini juga memiliki kekurangannya sendiri. Karena hal tersebut, kali ini kami akan memaparkan penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan update firmware pada Smartphone Anda. 

Kelebihan Update Firmware pada Smartphone 

  • Adanya peningkatan fitur 

Update firmware bertujuan untuk meningkatkan fungsi fitur-fitur pada smartphone yang sudah Ada sebelumnya. Misalnya saja pada kamera yang dapat membidik gambar dengan lebih tajam dari sebelumnya. 

  • Adanya fitur yang bertambah 

Tak hanya pembaruan pada fitur, update firmware juga memungkinkan Anda untuk merasakan fitur-fitur baru yang menarik. 

Misalnya saja fitur pengeditan gambar bawaan smartphone yang hadir dengan tool’s yang lebih lengkap dan lebih mudah digunakan. 

  • Sistem keamanan yang semakin baik 

Sistem operasi yang tak diperbarui dapat meningkatkan ancaman keamanan pada ponsel pintar Anda, terutama jika perusahaan penyedianya telah berhenti merilis pembaruan untuk ponsel lama Anda. 

Karena hal ini, lakukakanlah update secara berkala selagi pembaruan firmware masih tersedia pada ponsel pintar Anda. 

  • Pemusnahan bug

Kata “Bug” secara harfiah memanglah kata dari Bahasa Inggris yang memiliki arti kata “Serangga” dalam Bahasa Indonesia. 

Namun, ketika kita sedang membicarakan smartphone, maka bug dapat diartikan sebagai error yang terjadi pada sistem operasi yang selama ini berjalan di smartphone Anda. 

Salah satu cara untuk menanggulanginya adalah dengan melakukan update firmware secara berkala.  

Kekurangan Update Firmware pada Smartphone 

  • Fitur tambahan yang tak terlalu berguna

Kabar buruknya, fitur-fitur tambahan yang hadir setelah Anda melakukan update firmware tak selamanya berguna untuk Anda.

Sebagai pengguna, sayangnya Anda tak diberikan opsi untuk tidak mendapatkan fitur tersebut. Pilihan yang diberikan hanyalah update firmware atau tidak. 

Anda tentu harus siap dengan risikonya jika Anda menolak melakukan update firmware tersebut. Sehingga Anda yang ingin mengupdate firmware, mau tidak mau harus menerima fitur-fitur tak berguna tersebut. 

  • Memakan waktu 

Bagi Anda yang menjalankan pekerjaan Anda dengan bantuan smartphone tentu tak ingin membuang waktu Anda untuk melakukan update yang relatif memakan waktu yang lama. 

Karena hal tersebut, kami sarankan untuk Anda melakukan update dengan cara OTA dan menjadwalkan update tersebut pada waktu-waktu senggang Anda. 

Usai sudah penjelasan kami mengenai kelebihan serta kekurangan tindakan update firmware pada ponsel pintar Anda. Bagaimanapun setiap smartphone tetap membutuhkan update firmware, terlebih jika Anda ingin selalu menikmati fitur-fitur terbaru pada ponsel pintar tersebut. Karenanya, pastikan untuk melakukan update dengan cara-cara yang aman, agar terhindar dari kerusakan sistem ponsel pintar yang tak diinginkan.

Leave a Comment